Select Page

Wisata Pahawang dan Kiluan Mumpung Indonesia memasuki musim kemarau, saatnya untuk liburan ke daerah pantai yang menawarkan pemandangan cantik baik yang di atas permukaan laut maupun yang di bawah permukaan laut. Seperti yang ditawarkan oleh wisata Pahawang dan Kiluan yang menawarkan wisata ala tropis di daerah Lampung. Pahawang dikenal sebagai pulau dengan pantai berpasir putih dan air laut berwarna hijau toska dan memiliki titik-titik snorkeling dan menyelam yang indah. Yang menariknya lagi, berwisata ke Pahawang dan Teluk Kiluan tidak perlu biaya yang mahal karena disana harganya serba murah, cocok untuk liburan ala backpacker  tapi pengalaman liburan yang didapatkan berkelas dunia. Berikut adalah informasi umum untuk wisata Pahawang dan Kiluan yang bisa jadi referensi awal Anda.

Cara ke Pulau Pahawang

Untuk menuju ke Pulau Pahawang melalui jalur darat apabila Anda berangkat dari Pulau Jawa, bisa menyeberang ke Lampung melalui Pelabuhan Merak. Lama waktu penyeberangan adalah sekitar 3 jam dengan menggunakan kapal feri. Kemudian lanjut melakukan perjalanan ke Pelabuhan Ketapang untuk menyeberang ke Pulau Pahawang yang memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan untuk menuju ke Teluk Kiluan, dari Pelabuhan Ketapang Anda bisa melakukan perjalanan yang lamanya kurang lebih selama 2 jam. Sedangkan jika berangkat dari kota Lampung maka membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih selama 3-4 jam. Jaraknya sebenarnya tidak terlalu jauh namun medan jalan untuk ke Teluk Kiluan apalagi daerah dekat pintu masuknya tidak terlalu bagus sehingga tidak bisa menggunakan kecepatan yang normal.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Pahawang

Di Pulau Pahawang, yang paling dikenal adalah gusung pasirnya. Gusung pasir adalah daratan dengan pasir putih yang menjorok ke laut seperti membelah laut yang kadang bila air pasang maka ia akan sulit untuk dilihat. Ketika air sedang surut, wisatawan bisa berjalan hingga ke bagian ujung pasir dan merasakan sensasi seperti berada di tengah-tengah laut dengan permukaan pasirnya yang datar. Biasanya orang datang ke gusung pasir ini pada pagi hari hingga siang hari, karena setelah pukul 3 sore air laut mulai pasang dan gusung pasir tidak terlihat lagi sehingga berbahaya jika ditelusuri orang.

Selain menikmati pemandangan di gusung pasir pantai Pahawang, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit. Menikmati pemandangan matahari terbenam dan terbit adalah salah satu kegiatan favorit wisata Pahawang dan Kiluan karena memang indah sekali. Jika ingin mendapatkan pemandangan matahari terbit yang lebih bagus, Anda bisa ke Pahawang Besar, sedangkan untuk matahari terbenam akan lebih bagus di Pahawang Besar. Ombak di perairan Pahawang tidak terlalu besar sehingga suasana saat matahari terbenam maupun terbit terasa lebih sakral dan romantis.

Aktivitas wisata seru di Teluk Kiluan

Wisata Pahawang dan Kiluan memang biasanya dijadikan satu paket karena dua tempat ini paling banyak dikunjungi di daerah Lampung Selatan terutama yang sedang ingin wisata bahari. Teluk Kiluan merupakan sebuah teluk yang ada di Bumi Sari Natar, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Jalan untuk menuju ke sana memang belum terlalu bagus, penginapan pun paling banyak berupa homestay sederhana karena memang pengelolaannya masih swadaya masyarakat. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini adalah berendam di kolam alami Laguna Gayau. Kolam terbuat dari batuan alami kemudian airnya berasal dari ombak laut yang masuk ke kolam. Karena itu pada sore hari tidak boleh ada wisatawan yang masuk karena ombak pasangnya besar dan bisa berbahaya.

Aktivitas lain yang membuat Teluk Kiluan cukup menarik untuk didatangi adalah kesempatan untuk bisa melihat lumba-lumba liar. Dari pinggir pantai Kiluan Anda bisa menyewa kapal jukung dengan biaya sekitar Rp 300.000 per kapal dengan kapasitas 4 orang termasuk pengemudi kapal. Jika Anda beruntung, lumba-lumba liar akan keluar loncat dari bawah laut dan menyapa Anda. Jika belum beruntung pun tidak akan rugi karena pemandangan teluk indah dan membuat mata jadi segar. Demikian adalah sekilas informasi mengenai wisata Pahawang dan Kiluan.